Rabu, 13 Maret 2013

TUTORIAL MEMBUAT VECTOR DENGAN ADOBE PHOTOSHOP



TUTORIAL MEMBUAT VECTOR DENGAN ADOBE PHOTOSHOP

By : Lusy Fitriyanty








model : Kheila Athillah Kresna


Sebagian orang membuat vector dengan software seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator. Sebagian  juga menggunakan Adobe Photoshop. Disini kebetulan saya memakai Adobe Photoshop CS 4 Extended. 
Dalam pengerjaan vector terlebih dahulu anda harus mengenali Adobe Photoshop dengan baik, dan kunci utamanya adalah anda harus terbiasa dalam menggunakan Pen Tool. Pengerjaannya sama seperti waktu kita disuruh menjiplak gambar waktu kecil dulu. Namun yang ini lumayan butuh ketelitian dan kesabaran ^_^



Berikut adalah Cara membuat foto menjadi kartun [Vector]



1. Pilih gambar yang akan dijadikan vector. 





Untuk mempermudah kita, sebagai acuan, klik kanan pada layer ‘background’ dan pilih ‘Duplicate Layer’.






2. Jadikan layer duplikat tadi Hitam-Putih. Kalau anda ingin berpegang pada gambar/warna asli, tidak apa apa jika tidak dijadikan hitam-putih.. tergantung selera :)







3. Atur ketajaman gambarnya








4. Pilih menu: image-adjustments-posterize dan atur Levels-nya antara 7-13 (tergantung kebutuhan), disini saya pilih 13







Setelah itu, arahkan kursor pada Tools di sebelah kiri, kemudian pilih gambar pena "Pen Tool" 






Jangan lupa untuk men-save pekerjaan Anda 1x1 menit dengan format *psd. Mana tau mati lampu... hehe



5. Buat alur mengikuti kontur-kontur warna dimulai dari warna yang akan dijadikan warna dasar (Proses ini disebut Tracing).







6. Ikuti dengan tracing bagian warna lain sesuai jalur dari photo yang telah diposterize. Ingat untuk selalu mebuat layer baru agar tracing tidak berantakan. Usahakan perbedaan warna jangan terlalu mencolok. Klik icon  

pada layer pola untuk me non aktifkan pola. Biar kita lebih mudah melakukan tracing di bagian lain. Atau turunkan opacity nya. Kira kira seperti ini : 










7. Tracing sampai ke semua detail wajah hingga tangan hasilnya seperti ini :








8. Tracing bagian mata, hidung dan bibir, gigi dengan warna yang sesuai. Biasanya bagian mata, alis dan bibir lebih sulit.









9. Tracing juga bagian pakaian. Jangan lupa Save (Ctrl+s) dulu ya...








 10. Tracing juga bagian rambut, sesuai selera anda.. Bisa dijadikan panjang, atau mengikuti model aslinya.. :)











11. Terakhir, tambahkan background, atau efek lain, disini saya menambahkan sedikit lens flare untuk pemanis... dan...

S E L E S A I









Maaf kalau cara penyampaiannya kurang dimengerti.. Mari kita saling berbagi ilmu.. Salam Design.. SemangART 



19 komentar:

  1. daebakkk,,, mw coba nih,, q suka buat vector ,, makasih dah share tuto ny,, share again donk,, ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi juga dah mampir ya... ntar kl da waktu sharing lagi ya... :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. salutt saya mbak udah kerja ngurus anak msih bisa meluangkan hobbynya untuk belajar ngedit Nice

      Hapus
    2. Makasi apresiasinya @Rohmat Solihin, itung2 isi waktu kosong, drpd bengong, ya ga? hehehe

      Hapus
  3. saya juga suka ngulik photoshop mbak, tapi soal vector mask saya masih belum menguasainya, baca postingan mbak lusy saya jadi lebih paham, klo udah berhasil menguasai teknik vektor, saya pengen posting di blog saya juga. thanks mbak udah sharing ilmunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi @heriyanto, syukurlah kalo postingan sederhana ini bisa membantu... indahnya berbagi... :)

      Hapus
    2. 3 tahun lalu berkomentar disini waktu pertama kali belajar vector, udh lama banget....dan pada akhirnya saya menerima banyak orderan vector di Instagram, meski kini saya telah beralih menggunakan adobe illustrator, tapi awal mula belajar saya menggunakan photoshop, dan di artikel mbak Lusy ini lah saya pertama kali belajar...gk sengaja buka2 catatan2 blog yg postingannya saya bookmark, eh saya ketemu sama link postingan ini, gk kerasa 3 tahun berlalu...terimakasih mbk lusi untuk ilmunya :D

      Hapus
  4. BG nya latar biru aja, trus kasi brush flower, kl ga stok lain di manip aja... :)

    BalasHapus
  5. Keren Bnget . Suka Bnget. Mkasih Kak Jdi Terinspirasi nih Mau Blajar jga Pake PS ..
    Thanks KK Lusy .. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi @cycer Putra,.... saya jg masih belajar... masih bnyk kurangnya... :)

      Hapus
  6. Bagus gan tutornya :-D kira2 btuh berapa lama buat yg beginian?

    BalasHapus
  7. Bagus sekali tutornya gan... mau tanya juga gan itu bagian apanya yang di masukkan ke group?

    Bagi yang berminat belajar desain grafis silakan dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/desain-grafis.html

    BalasHapus
  8. Kakak, lebih mudah mana bikin pektor dg adobe ilustrator dibanding adobe photosop ?

    BalasHapus
  9. Kakak, lebih mudah mana bikin pektor dg adobe ilustrator dibanding adobe photosop ?

    BalasHapus
  10. Nice, ijin coba pake foto ddnya :) :D

    BalasHapus
  11. Mantap gan, ini yang ane cari cari, selain pake posterized ternyata main trik laen, hasilnya jelas beda yang dasar pembuatannya posterized sama trik ini. Thanks gann.... Sukses terus!!!

    BalasHapus